3 Kesalahan Dalam Merawat Kulit Kering & Solusinya



Kulit kering membuat tampilan kulit terlihat kusam dan tidak cerah. Terkadang, wanita juga tidak sadar kalau mereka sering melakukan kesalahan saat merawat kulit, yang malah membuat kulit semakin kering. Maka dari itu, coba ikuti saran dari para ahli agar Anda lebih mengerti bagaimana membuat kulit tetap sehat dan tidak kusam. Berikut kesalahan yang sering terjadi ketika mengatasi kulit kering dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari Daily Glow.

1.Tidak Dapat Membedakan antara Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi
“Kebanyakan mereka berpikir kalau kulit kering itu berarti kulit dehidrasi. Padahal, kulit kering sangat jarang ditemukan,” ujar Joanna Czech, seorang ahli kecantikan. Perbedaannya, kulit kering memiliki pori-pori kecil dan kulit terasa kaku. Kalau kulit dehidrasi tidak cerah dan mengelupas.

Solusi: Pakai produk pelembab dua kali sehari. Pada pagi hari pelembab sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Pelembab bermanfaat untuk menggantikan air dan menghindari kerusakan kulit akibat terkena sinar matahari. Saat malam hari, pelembab berfungsi untuk menyimpan air setelah mandi atau mencuci muka.

Anda juga perlu memfokuskan perawatan di sekitar mata dan bibir yang lebih mudah kering, sehingga menimbulkan kerut halus. Gunakan krim mata dan lip balm yang bagus untuk menjaga kelembaban bibir. Pelembab lebih diutamakan yang banyak mengandung minyak almond dan shea butter (krim yang terbuat dari ekstrak biji pohon shea).

2.Menggunakan Scrub Secara Berlebihan
Efek dari kulit kering adalah kulit menjadi bersisik. Solusi yang kerap Anda lakukan mungkin menghaluskan kulit kembali dengan men-scrub tubuh. “Jangan terus-menerus menggunakan scrub demi mendapatkan kulit yang cantik secara instan. Hal itu dapat menimbulkan peradangan kulit. Membersihkan kulit dengan kasar tidak dapat menghasilkan apa-apa,” tutur Jessica Wu, M.D, seorang asisten klinik, ahli penyakit kulit di Universitas Southern California Medical School di Los Angeles.

Solusi: Anda boleh saja menggunakan scrub, tapi ada jarak waktu pemakaiannya, minimal seminggu sekali. Hindari pembersih yang berbentuk gel dan produk yang banyak mengandung sulfat karena memiliki zat keras yang dapat menghilangkan kelembaban kulit.

3.Penggunaan Produk yang Salah
Apa Anda tahu kondisi dan jenis kulit Anda? Wanita kerap kali memakai produk yang tidak sesuai dengan kulit mereka. “Rata-rata orang yang mempunyai kulit dehidrasi atau kulit kering karena menggunakan produk kecantikan yang terlalu berat dan banyak mengandung zat dengan kadar tinggi. Ketidakcocokan molekul-molekul di dalamnya membuat zat tersebut susah mengatasi kerusakan kulit sehingga tidak menghasilkan apa-apa,” ucap Wei Lang, seorang ahli kecantikan selebriti dan pemilik Wei Lang Spa di New York.

Solusi: Cari lah produk perawatan yang tepat. “Serum yang bagus memiliki molekul kecil yang menambahkan kelembaban, menguncinya di dalam, serta membuat lapisan pencegah dehidrasi,” papar Lang. Dokter Wu menyarankan memakai produk yang mengandung akar manis dan ekstrak kedelai karena bermanfaat sebagai obat anti peradangan, mengurangi kulit kemerahan, juga mencegah iritasi. Selain itu, Wu merekomendasikan produk yang kaya akan hyaluronic acid (zat yang berfungsi untuk mengikat air) dan niacinamide, yang meningkatkan hidrasi, mengurangi kulit gatal dan kaku.

0 komentar:

Posting Komentar